Menu Close

Cerita Ashab al-Fiil

✅ Dalam kitab al-Khasha’ish disebutkan bahwa Ibn Sa’ad, Ibn Abi al-Dunya dan Ibn ‘Asakir meriwayatkan dari Abi Ja’far Muhammad ibn Ali yang berkata bahwa peristiwa ini terjadi pada pertengahan bulan Muharram, antara kejadian ini dan kelahiran Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah 55 hari.
✅ Dikisahkan bahwa kejadian penyerangan burung Ababil adalah ada segumpalan awan yang datang dari arah laut, sampai akhirnya mendekati pasukan gajah ini, ketika burung-burung ini persis di atas pasukan, batu-batu yang dibawa oleh pasukan burung dilontarkan dan menimpa pasukan gajah. Setiap seekor burung, membawa 3 buah batu, dua dikaki dan satu di paruh.
✅ Ada beberapa versi cerita, ada yang mangatakan bahwa mereka yang kena batu ini merasa gatal dan setiap digaruk, maka kulit dan dagingnya ikut terkelupas. Lalu tewas dengan sendirinya.
✅ Ada juga yang mengatakan bahwa bebatuan yang dilempar ke tentara, jika mengenai kepala maka batu itu keluar dari dubur, jika mengenai badan bagian samping, maka batu itu akan menembus keluar dari bagian lainnya. Begitu seterusnya hingga luka itu membawa kematian yang sangat cepat.
✅ Hasilnya, tidak ada satu orang pun dari tentara gajah yang selamat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *